Tea for Facial


Ternyata teh tidak sekadar minuman yang sedap untuk dinikmati pada pagi atau sore hari. Lebih dari itu, teh ternyata menyimpan begitu banyak khasiat. Salah satunya yaitu untuk perawatan kecantikan.

Sejarah teh bermula pada 2737 SM, saat kaisar kedua China, Shen Nung, menemukan teh secara tidak sengaja. Ketika itu beberapa helai daun teh tertiup angin dan jatuh tepat ke dalam cangkir berisi air panas miliknya. Sejak saat itu teh mulai dikenal luas di dunia.

Ada empat jenis teh yang umumnya dijumpai di pasaran yaitu teh putih (white tea), teh hijau (green tea), teh hitam (black tea), dan dan teh oolong (oolong tea). Keempat tipe ini berasal dari tanaman teh yang memiliki nama ilmiah camellia sinesis. Selain itu, saat ini banyak pula beredar jenis teh herbal yang berasal dari bunga-bungaan atau herba yang dikeringkan.

Berikut ini beberapa manfaat teh untuk kecantikan:


Facial scrub

Campurkan satu sendok teh cornmeal dengan teh chamomile. Gunakan sebagai scrub dan gosokkan dengan lembut ke permukaan wajah. Biarkan kering, lalu bilas. Jangan gunakan pada kulit sensitif.

Exfoliating paste

Campurkan teh chamomile dengan susu bubuk, lalu oleskan secara merata ke wajah. Biarkan kering, lalu bilas.

Menutrisi rambut

Hangatkan ½ cangkir minyak zaitun, 2 sendok teh daun lavender, dan 2 kantong peppermint tea. Pijatkan ramuan tersebut dengan lembut ke kulit kepala saat rambut dalam keadaan lembab. Tutup rambut dengan shower cap dan duduklah berjemur di bawah sinar matahari selama sekitar 20 – 25 menit (jika mungkin). Setelah itu cuci rambut dengan shampoo dan bilas hingga bersih. Lakukan perawatan ini sekali sebulan untuk menutrisi dan memperkuat rambut.

Menghitamkan rambut

Basuh rambut Anda dengan teh hitam untuk menambah hitam dan kilau pada rambut.

Menghilangkan kantung mata

Seduh teh hitam atau teh hijau murni dengan air panas selama kira-kira 10 menit, sisihkan daun tehnya dan simpan di dalam lemari es. Gunakan ramuan ini untuk menghilangkan kantung mata akibat kurang tidur dan kelelahan. Caranya, celupkan sepotong kapas ke dalam larutan teh dan tempelkan di kelopak mata selama 10 menit. Agar lebih praktis, Anda juga dapat menggunakan kantong teh celup bekas pakai yang sebelumnya sudah didinginkan di lemari es.

Mengobati jerawat

Teh juga dapat digunakan untuk mengatasi jerawat karena bertindak sebagai astringent. Cuci muka Anda dengan air teh tanpa perlu dibilas lagi dengan air biasa.

Sumber:
http://warnadunia.com/teh-untuk-perawatan-kecantikan/

0 comments:

Post a Comment

Comment